[Ngobrolin Anime] Fate: Stay/Night

30327
Fate/Stay Night

Halo! Perkenalkan, nama gue xyanided 😀 (Setidaknya itulah username yang sering gue gunakan di game2 yang gue mainin). Sebagai post pertama di blog gue, gue bakalan bahas salah satu anime favorit gue nih. “Fate: Stay/Night”!

Nah, anime ini baru gue tonton beberapa bulan yang lalu, rilisnya sendiri udah lumayan lama, 10 tahun yang lalu, tepatnya tahun 2006. Anime ini digarap oleh Studio DEEN, studio yang juga membuat anime yang lagi airing dan ngetren saat ini, yaitu “Sakamoto desu ga?”. Anime ini merupakan adaptasi dari visual novelnya yang rilis pada tahun 2004, karena penjualannya yang sukses besar, maka dibuatlah adaptasi animenya. Cerita dalam anime ini ditulis oleh Kinoko Nasu, pendiri Type-Moon yang juga menulis cerita Tsukihime dan Kara no Kyoukai (gue juga nonton KnK, mungkin pada artikel2 selanjutnya bakal gue tulis).

Ok, langsung aja ke ceritanya :D. Jadi anime ini bercerita tentang Holy Grail War (perang cawan suci)/(聖杯戦争), cawan yang bisa mengabulkan segala keinginan. Dalam anime ini, perang cawan suci yang diceritakan adalah perang cawan suci yang ke-5. Sebenarnya siklus perang cawan suci ini sendiri terjadi setiap 60 tahun sekali, namun karena kesalahan (mungkin akan gue ceritakan pada post2 selanjutnya) perang cawan yang ke-5 ini terjadi hanya 10 tahun setelah perang cawan suci sebelumnya, yaitu perang cawan suci ke-4.

Dalam perebutan cawan suci ini, ditunjuklah 7 peserta yang disebut master. “Master? artinya mereka mengendalikan sesuatu atau semacamnya?”. Yap, bener banget, jadi ketujuh master mengendalikan tujuh servant (1 master dapet 1 servant). Tujuan adanya servant ini adalah untuk membantu master-nya dalam perang cawan suci. Nah, menariknya, servantservant  yang dipanggil ini adalah para roh pahlawan dan tokoh legenda yang hidup di masa lalu dan masa depan.

fsn2bservant2bcards
Simbol para servant di Fate Series

 

Servant-servant dibagi menjadi 7 kelas, pada gambar di atas, dari kiri ke kanan:

  1. Saber
  2. Lancer
  3. Assassin
  4. Archer
  5. Caster
  6. Berserker
  7. Rider

Para servant memiliki kemampuan masing2, misalnya Saber memiliki kemampuan yang bagus dalam swordmanship (seni pedang), Caster bagus dalam sihir, dsb. Dalam animenya, untuk memanggil para  servant, dilakukan ritual dimana dibuat semacam lingkaran untuk ritual, dan katalis untuk memanggil servant. Maksud dari katalis disini adalah alat-alat/benda2 yang berhubungan dengan roh pahlawan tersebut. Sebagai contoh, terdapat pedang yang semasa hidupnya sering digunakan oleh roh pahlawan yang bersangkutan dalam berperang, makan kemungkinan besar jika sang  master menggunakan pedang tersebut sebagai katalis, maka kemungkinan besar servant yang akan muncul adalah servant yang ada hubungannya dengan pedang tersebut.

Anime ini adalah salah satu dari berbagai karya yang ada dalam Fate Series. Fate Series ini juga bermacam-macam, mulai dari anime hingga video game seperti Fate/Grand Order (Nih game bikin gue gregetan). Ciri dari karya Kinoko Nasu yang termasuk Fate Series adalah selalu dalam bentuk “Fate/xxxx” (sederhananya selalu berawalan Fate/).

Gue sangat merekomendasikan anime ini, ceritanya bagus, dan endingnya..

.

.

.

.

.

.

.

.

.

Gue ga akan spoiler ceritanya disini, gue ga mau ngerusak pengalaman buat yang belum nonton nih anime, silahkan tonton dan rasakan sendiri! 🙂

2899e7324f3c82682c213a4a3053a23c
Gambar hanya pemanis, diambil dari Fate/Stay Night: Unlimited Blade Works

 

Dan berhubung Fate Series adalah salah satu serial kesukaan gue, mungkin di post2 berikutnya gue bakalan banyak bahas tentang serial ini, ditunggu aja! 😀

-xyanided

One thought on “[Ngobrolin Anime] Fate: Stay/Night

Leave a Reply

