[Ngobrolin Game] Osu!

maxresdefault1

Sore! Kali ini gue bakal bahas tentang video game. Mungkin udah banyak yang tau tentang game ini, atau mungkin udah pada mainin, Nama gamenya yaitu “osu!”. Jadi game ini adalah game bergenre Rhytm, artinya kita memainkannya dengan cara mengikuti ritme (musik) yang ada. Ini salah satu game yang paling sering gue mainin, karena selain buat ngelatih refleks, game ini juga bisa jadi pengisi waktu kosong kalo lagi ga main game2 lain macem dota atau CS:GO. Gue sendiri baru main game ini sekitar awal tahun lalu (2015), setelah ngeliat di fb/web (entahlah) yang menuntun gue ke web game ini.

Sejarah “osu!”

Osu2007
“osu!” tahun 2007

Jadi game ini versi awalnya dibuat pada Juli 2007, oleh seorang berkebangsaan Australia bernama Dean “peppy” Herbert, versi awalnya hanya diberikan kepada teman-teman dekatnya. Waktu yang dibutuhkan peppy untuk memprogram versi awal game ini yaitu sekitar 16 jam.

200709-Release

Barulah pada September 2007 game ini versi beta-nya dirilis ke publik. Saat itu, mode yang tersedia hanya mode standard saja (tentang mode bakal dijelasin dibawah). Saat itu juga forum dari game osu! ini didirikan. Tidak lama setelah versi beta dirilis ke publik, beberapa mod awal juga ditambahkan. Pada tahun-tahun selanjutnya game ini semakin berkembang dengan ditambahkannya mod baru, mode baru, tampilan yang baru, dan masih banyak lagi.

osu1
Main Menu “osu!” saat artikel ini dibuat

Mode dalam “Osu!”

Nah, game ini memiliki beberapa mode yang tersedia untuk dimainkan. berikut ini gue jabarkan satu-satu:

Osu! Standard

osu2
Osu! Standard

Ini adalah mode paling awal yang tersedia dalam sejarah osu! dan mode paling mainstream. Mode ini butuh keyboard dan mouse (atau tablet osu!) untuk memainkannya. Cara mainnya, tinggal menggerakkan mouse ke arah hit circle atau slider dan menekan tombol di keyboard saat garis lingkaran yang ada di sekitar hit cicle menyentuh hit circlenya (agar lebih paham silahkan langsung saja dimainkan, link download tersedia dibagian paling bawah artikel). Setau gue legend-nya mode ini yaitu Cookiezi, setelah di-ban selama kurang lebih 2 tahun, akhir tahun kemarin dia balik lagi (unban) dan bikin gempar jagat “osu!”.  Gue sendiri jarang main mode ini karena ngerasa kurang cocok (bilang aja ga bisa main XD ).

Osu! Taiko

taiko

Mode yang ke-2, yaitu Taiko. Cara mainnya yaitu dengan memukul semacam bedug drum sesuai warna yang muncul tepat saat warnanya lewat tepat di lingkaran transparan. Ada 2 warna yang akan muncul, yaitu merah (don) dan biru (katsu), tinggal klik saja tombol pada keyboard yang memicu warna yang muncul. Gue sendiri ga main mode ini, soalnya sulit, apalagi kalo udah level Very Hard/Insane T_T (dimana2 insane ya susah XD )

Osu! Catch the Beat

ctb

Nah, ini dia mode kesukaan gue yang emang cuma mode ini yang paling gue sering mainin. Cara mainnya simpel, tinggal menangkap buah-buah yang jatuh dari langit bagian atas layar dengan mengendalikan Ryuuta (orang dibawah yang lagi ngangkat piring). Mudah kan? Inilah kenapa gue suka sama mode ini 😀 (tapi kalo udah level insane jadi susah juga sih :/ ). Setau gue legend-nya mode ini adalah ExGon (Korea)dan Dusk (Tiongkok). Orang Asia emang banyak mendominasi top leaderboard dalam game ini. Kalo dari Indonesia sih di mode ini legend-nya Deceitful.

Osu! Mania

mania

Osu! Mania, mode paling baru di game ini. Mode ini mulai dimasukkan ke gamenya sejak 2012 lalu. Cara mainnya mirip piano, yaitu meng-klik tombol pada keyboard sesuai dengan letak note-note yang muncul di layar. Gue juga ga main mode ini, tapi orang indo yang main mode ini lumayan banyak, menurut gue mode inilah yang paling “Rhytm”.


Yak, itulah tadi penjelasan gue tentang game “Osu!”. Game ini cocok buat lu yang suka dengerin musik atau main game yang mengandalkan refleks. Kalo mau download bisa langsung menuju ke:

https://osu.ppy.sh/p/download

Oh ya, add gue juga di game-nya, siapa tau bisa main bareng, tapi gue main biasanya cuma ctb, ini link profil osu!-nya:

http://new.ppy.sh/u/572898

-xyanided

 

Leave a Reply

